Senin, 03 September 2012

Mengenal Software Presentasi



presentasi Presentasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan / menjelaskan ide-ide, laporan atau informasi mengenai apa saja kepada orang lain. Untuk itu, presentasi yang baik harus dipersiapkan dengan baik, berisi materi yang dikemas dengan rapi dan dapat ditampilkan dengan materi yang menarik. Untuk mencapai maksud tersebut tentunya diperlukan piranti lunak dan piranti keras yang mampu mendukung maksud tersebut.
Salah satu piranti lunak pendukung yang utama adalah Software Presentasi. Dengan adanya software presentasi tentu saja kita dapat dengan mudah untuk menampilkan presentasi kita. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk membuat presentasi ini. Kali ini saya akan menyampaikan beberapa aplikasi presentasi yang bisa digunakan untuk keperluan membuat presentasi.


Microsoft Office PowerPoint
PowerPoint merupakan aplikasi presentasi paling populer digunakan oleh banyak user. PowerPoint memiliki kelengkapan fitur yang memudahkan pengguna dalam membuat presentasi. Karena hal inilah yang menjadikan PowerPoint mempunyai nilai lebih. PowerPoint sendiri dikembangkan oleh Microsoft. Sampai saat ini, PowerPoint sudah mencapai versi 2010. Versi ini sedikit berbeda dengan versi sebelumnya 2003. Jika anda sudah mengenal versi 2003, pasti akan sedikit kelabakan untuk beralih ke versi 2007/2010.
presentasi-powerpoint 
OpenOffice Impress
Openoffice merupakan Office Suite yang sangat populer karena kehandalannya. Bagi anda yang bergelut dengan Linux / Open Source sudah tentu sangat familiar dengan OpenOffice. Dengan fitur yang tak kalah melimpah dibanding Microsoft Office OpenOffice sangat layak untuk anda coba. Aplikasi ini dikembangkan oleh SUN Microsystem dengan bahasa Java yang tentu saja telah mendukung cross platform atau dapat dijalankan diberbagai mesin/OS. Bila anda pengguna Powerpoint yang ingin beralih ke OpenSource maka OpenOffice Impress sangat cocok untuk anda. Hebatnya lagi bahwa semua dokumen Microsoft Office kompatibel dengan OpenOffice, sehingga anda dapat membuka dokumen PowerPoint anda di OpenOffice Impress.
presentasi-impress
KPresenter
KPresenter pasti dikenal oleh pengguna linux desktop yang menggunakan desktop KDE. Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE, maka dapat ditemui berbagai kemiripan antara KPresenter dan PowerPoint. Ini dapat menjadi keunggulan, terutama untuk memikat para pemakai PowerPoint yang ingin beralih ke lingkungan Linux. Lagi-lagi dengan KParts, aneka ragam teks, gambar, chart, dan file multimedia, dapat ikut memperkaya materi presentasi yang digarap dengan KPresenter. Salah satu fitur menarik dari KPresenter adalah menghasilkan slideshow dalam format HTML. Begitu sebuah presentasi telah usai disunting, dalam sekejap dapat dihasilkan versi HTML-nya yang cocok untuk diupload ke website.
presentasi-kpresenter
Corel Presentation
Ternyata Corel tidak hanya membuat Produk terkenal seperti Corel Draw. Tetapi juga memiliki produk Office yang dinamakan Corel presentation. Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Corel Presentation memiliki fitur seperti : Koleksi foto dan gambar banyak, Font beragam dan harganya lebih murah dari Microsoft Office.
presentasi-corelpres
IBM Lotus Symphony Presentation
IBM Lotus Symphony merupakan salah satu produk IBM Corporate. Aplikasi bersifat gratis dan kaya akan fitur. Dengan fitur lengkap dan interface yang indah, IBM lotus Symphony cocok sebagai pengganti Microsoft Office. File yang dihasilkan juga Kompatibel dengan dokumen office. Serta support export ke file PDF
presentasi-lotus_symphony
iWork KeyNote
Aplikasi presentasi dari apple ini hanya bisa berjalan di lingkungan Mac OS. memiliki segudang fitur yang memadai. IWork KeyNote memiliki tampilan memukau dan mudah digunakan. Fitur utama yang didukung oleh aplikasi ini adalah memiliki animasi indah dan lengkap, dapat diexport ke berbagai ekstensi, support file Microsoft Office dan dapat membuat DVD presentasi dengan mudah.
presentasi-keynote

0 komentar:

Poskan Komentar